Header Ads

ads header

Breaking News

Kelangkaan | Ekonomi X Sem. 1

 

1. Pengertian Kelangkaan

Nah, sekarang coba, deh, buat daftar barang-barang yang Anda butuhkan. Tulis saja apa yang ingin Anda miliki di atas kertas. Sudah? Sekarang buka dompet Anda. Berapa uang yang Anda punya? Bandingkan dengan harga total dari kebutuhan yang Anda ingin miliki?

Sebagai manusia, Anda pasti ingin mempunyai kebutuhan yang tidak terbatas. Masalahnya, sumber daya yang Anda punya terbatas. Contohnya adalah daftar keinginan Anda tadi. Banyaknya keinginan dibandingkan dengan uang yang Anda punya untuk membelinya. Sifat ini, pada akhirnya menghasilkan kelangkaan



                                            Gambar 2.1 Kelangkaan Gas Elpiji

    :Sumber: https://akuntanonline.com/contoh-kelangkan-ekonomi-dan-cara-mengatasinya/

Menurut Lionel Robbin, kelangkaan merupakan karakteristik manusiawi. Kelangkaan terjadi ketika kebutuhan manusia yang tidak terbatas berhadapan dengan sarana pemuas kebutuhan yang terbatas.

Kelangkaan adalah kondisi dimana manusia memiliki sumber daya ekonomi yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas. Misalnya masyarakat membutuhkan gas Elpiji 10 ton per bulan, sementara jumlah gas Elpiji yang tersedia hanya 8 ton. Dalam hal ini terjadi kekurangan 2 ton.

 2. Faktor-faktor yang Menyebabkan kelangkaan

a. Perbedaan Letak Geografis

b. Pertumbuhan Penduduk

c. Kemampuan Produks


Penugasan Mandiri

Setelah Anda membaca dan memahami rangkuman di atas, saatnya mengeksplorasi dengan mengerjakan tugas dengan berpikir kritis dan kerja keras. Selamat mengerjakan, jangan lupa berdoa sebelum memulai mengerjakan.

Apakah Anda sudah dapat mengatur keuangan Anda sendiri? Jelaskan dalam bentuk tabel uang jajan yang diberikan orangtua selama seminggu, kemudian jelaskan aliran penggunaannya. Buatlah kesimpulan dari tabel tersebut, apakah Anda tergolong orang yang berhemat atau boros?

 

 


Tidak ada komentar