Header Ads

ads header

Breaking News

KB 1.Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

    Tanpa kita sadari bahwa sanya kehidupan manusia sangat dekat dengan ilmu ekonomi. Dalam kegiatan sehari-hari saja kita kerap melakukan kegiatan ekonomi misalnya menghasilkan produk atau jasa,mengkonsumsi barang dan jasa atau mendistribusikan barang atau jasa. Semua kegiatan itu berhubungan dengan apaitu ilmu ekonomi.

    Konsep dasar ilmu ekonomi secara bahasa  

Secara etimologi, ekonomi berasal dari Bahasa Yunani yakni oikonomia.kata ini terdiri dari dua kata  yaitu oikos dan nemein. Oikos adalah  rumah tangga, sedangkan nemein adalah mengelola.

Maka secara singkat dan sederhana,ilmu ekonomi adalah  ilmu yang mempelajari tentang caranya mengelola rumah tangga. Ada pula pendapat yang menyebutkan kata ekonomi berasal dari  bahasa yunani yaitu oikos dan nomos. oikos adalah keluarga, sementara itu nomos artinya aturan atau hukum. jadi ilmu ekonomi merupakan ilmu yang memepelajari tentang cara manusia menentukan pilihan saat melakukan proses produksi dengan sumber daya yang terbatas.

    Konsep Dasar Ilmu Ekonmi Perspektif Para Ahli

menurut Bangun,ilmu ekonomi muncul karena adanya kesenjangan antara sumber daya yang tersedia dan keinginn manusia. sumber daya yang ada di bumi bersifat terbatas, sedangkan keinginan bersifat tidak terbatas.makanya ilmu ekonomi ada karena berupaya untuk mengatur agar tidak terjadi kelangkaan akibat kesenjangan tersebut. pengertian yang disampaikan Bangun sejalan dengan pendapat Brown, bahwa dasar ilmu ekonomi adalah :

1.Scarcity

2. Saouces

3. Economics

4. Apportunity cost

Ada beberapa pendapat yang mengemukakan ilmu ekonomi yaitu :

1.Menurutalfred Marshall.ilmu ekonomi merupakan ilmu atau studi yang mempelajari kehidupan manusia sehari-hari

2. JB. Say mengatakan ilmu ekonomi adalah suatukejadian tentang peraturan yang menentukan kekayaan

3. David Ricardo mengatakan ilmu ekonomi suatu kejadian tentang hukum berbagaijenis golongan msyarakat

Tujuan Ilmu Ekonomi

dari defenisi-defenisi ilmu ekonomi di atas,kitajugatahu kalau tujuanilmu ekonomi adalah mengelola sumber daya yang terbatas dengan cara yang efisien. Tujuan dari ilmu ekonomi memang memastikan manusia memenuhi kebutuhn ekonomi tapi tetap memperhatikan sifat sumber daya yang terbatas sehingga pemenuhn kebutuhan manusi tidak membuat kelangkan 

  



dapat di lihat LKS

Tidak ada komentar