Header Ads

ads header

Breaking News

EKONOMI XII | GANJIL | MENGENAL AKUNTANSI


Mengenal Akuntansi




1.   
Pengertian Akuntansi

    Secara luas, akuntansi juga dikenal sebagai "bahasa bisnis". Akuntansi bertujuan untuk menyiapkan suatu laporan keuangan yang akurat agar dapat dimanfaatkan oleh para manajer, pengambil kebijakan, dan pihak berkepentingan lainnya, seperti pemegang saham, kreditur, atau pemilik. Pencatatan harian yang terlibat dalam proses ini dikenal dengan istilah pembukuan

        Definisi Akuntansi Menurut asal kata akuntansi yaitu berasal dari Accountancy / Accounting / Constituency yang diserap ke dalam bahasa Indonesia Akuntansi yang berarti sebuah aktivitas atau proses dalam mengidentifikasi, mencatat, mengklasifikasi, mengolah dan menyajikan data yang berhubungan dengan keuangan atau transaksi agar mudah dimengerti dalam mengambil keputusan yang tepat.

Menurut American Accounting Association (AAA) Pengertian Akuntansi adalah proses mengidentifikasi, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

2.    Sejarah Perkembangan Akuntansi

        Pada abad XV terjadi perkembangan dan perluasan perdagangan yang dilakukan oleh pedagang-pedagang Venesia. Akuntansi baru diakui sebagai ilmu pada tahun 1494 berkat jasa Lucas Paciolo seorang ahli matematika Prancis berkebangsaan Italia mengarang sebuah buku yang berjudul Summa de Arithmatica, Geometrica, Proportioni et Proportionalita yang merupakan tonggak sejarah dalam bidang akuntansi. Dalam buku tersebut terdapat bagian khusus yang membahas akuntansi berjudul Tractatus de Computis et Scriptorio yang memuat system pembukuan berpasangan ( double entry book keeping ).
        Sistem pembukuan yang diciptakan di Italy berkembang pesat dan tersebar ke beberapa Negara di Eropa. Perhitungan laba rugi dan neraca mulai sering digunakan pada akhir abad XV di Belanda dan Inggris. Di Belanda, perhitungan tersebut di kenal dengan system continental ( pembukuan/tata buku ).
Pada pertengahan abab 18-19 terjadi revolusi industri di Inggris yang mendorong perkembangan akuntansi karena para manajer pabrik ingin mengetahui biaya produksinya dengan memperkenalkan konsep penyusutan ( depresiasi ). Revolusi industri menciptakan suatu permintaan modal yang besar untuk membangun pabrik dan membeli mesin-mesin. Hal ini menyebabkan perusahaan harus membangun suatu bentuk organisasi yaitu untuk mendapatkan informasi tentang seberapa baik manajemen menjalankan perusahaan.

    Penemuan Benua Amerika mengakibatkan banyak pengusaha Eropa yang pindah ke Amerika. Pesatnya pertumbuhan bisnis di Amerika membawa perubahan dalam struktur industry dan organisasi perusahaan, sehingga akuntansi juga mengalami perkembangan sejalan dengan perkembangan bisnis di Amerika yaitu dari Sistem Continental ke system Anglo Saxon

3.    Perkembangan Akuntansi di Indonesia

    Akuntansi di Indonesia mula-mula menganut sistem continental dalam perkembangan selanjutnya di Indonesia memakai sistem Anglo saxon perubahan ini disebabkan oleh Adanya PMA ( Penanaman Modal Asing ) yang memakai sistem anglo saxon dan Hampir sebahagian besar mereka yang berperan dalam perkembangan akuntansi melanjutkan pendidikan nya ke Amerika.

Objek Perubahan

Sistem Kontinental

Sistem Anglo Saxon

1.      Buku Harian
 
2.      Akun Buku Besar
a.       a. Penyusutan
 
b.      Perkiraan Campuran
c.       Prive
 
3.      Neraca Lajur
 
 
4.      Laporan Keuangan

Pengelompokan debet dan kredit belum terinci
Penyusutan menggunakan perkiraan cadangan dan dicatat disisi kredit
Menggunakan perkiraan campuran
 
Terdapat penyetoran Prive
 
 
Arsip disimpan dalam dokumen
Terdiri atas :
1.      Neraca
2.      Laporan L/R
3.      Lap perubahan Modal

Pengelompokan debet dan kredit sudah terinci
Penyusutan menggunakan akun beban penyusutan dan dicatat disisi debet.

Tidak menggunakan perkiraan campuran.
 
Tidak terdapat penyetoran prive.
 
Arsip tidak disimpan karena sebagai alat Bantu.
 
Terdiri atas :
1.Neraca
2.Lap L/R
3.Lap Perubahan Modal
4.Lap Arus Kas
5.Lap Dana
6.Catatan atas Lap Keu

 

RANGKUMAN

- Menurut American Accounting Association (AAA) Pengertian Akuntansi adalah proses mengidentifikasi, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

-      Akuntansi di Indonesia mula-mula menganut sistem continental dalam perkembangan selanjutnya di Indonesia memakai sistem Anglo saxon perubahan ini disebabkan oleh Adanya PMA ( Penanaman Modal Asing ) yang memakai sistem anglo saxon dan Hampir sebagian besar mereka yang berperan dalam perkembangan akuntansi melanjutkan pendidikan nya ke Amerika.


Silahkan kerjakan soal latihan dengan cara klik link berikut ini:

Latihan 1

Alternatif link 2:

UJI KOMPETENSI 1

Tidak ada komentar