Header Ads

ads header

Breaking News

Penawaran (Supply)

 Penawaran (Supply)

Adalah banyaknya barang atau jasa yang tersedia dan dapat ditawarkan oleh produsen kepada konsumen pada setiap tingkat harga selama periode waktu tertentu.

Hukum Penawaran
"Jika harga naik, maka penawaran (penjualan) meningkat. Jika harga turun, maka penawaran juga akan turun."
Artinya, jumlah barang yang ditawarkan akan selalu berbanding lurus dengan harganya. Ketika harga barang atau jasa naik, maka jumlah barang yang ditawarkan akan ikut bertambah.
Sebaliknya, jika harga menurun maka jumlah barang atau jasa yang ditawarkan akan mengalami pengurangan. Hukum penawaran mengindikasikan ada hubungan positif antara harga, jumlah barang, dan jasa yang ditawarkan.
Dalam hukum penawaran, berlaku sebuah kondisi yang dikenal dengan istilah "Ceteris Paribus". Istilah tersebut adalah asumsi tidak ada satu faktor pun yang bisa mempengaruhi penawaran sebuah barang atau jasa.

Faktor-Faktor yang mempengaruhi penawaran

1.    Harga barang

2.    Tingkat biaya produksi

3.    Perkembangan teknologi

4.    Jumlah produsen di pasar

5.    Harga bahan baku/faktor produksi

6.    Laba yang diinginkan produsen

7.    Kebijakan pajak dan subsidi

Jenis-Jenis Penawaran dan Contohnya

1.   Penawaran Individu

Sesuai namanya, penawaran individu adalah penawaran jumlah barang tertentu pada tingkat harga tertentu yang hanya dilakukan oleh seorang individu.

Untuk memahaminya, lihat contoh kasus berikut ini. Sebut saja, terdapat dua orang penjual, yaitu Ibu Y dan Ibu Z. Keduanya berjualan dan memberikan penawaran individu.

Pada tingkat harga Rp30.000 per buah, Ibu Y dapat menawarkan jilbab sebanyak 20 buah, sedangkan Ibu Z hanya bisa menawarkan 15 buah jilbab. 

Kemudian, ketika harga naik menjadi Rp 35.000 per buah, Ibu Y menawarkan jilbab sebanyak 25 buah dan Ibu Z menawarkan sebanyak 20 buah.

2.   Penawaran Kolektif

Penawaran kolektif adalah total dari semua penawaran individual. Dengan kata lain, penawaran kolektif ialah keseluruhan penawaran suatu barang yang ada di pasar pada tingkat harga tertentu.

Dengan konteks contoh penawaran individu dari Ibu Y dan Ibu Z di atas. Contoh penawaran kolektif ialah pada tingkat harga Rp30.000 per buah, penawaran jilbab di pasar sebanyak 35 buah, yaitu total penawaran individu yang diberikan oleh Ibu Y dan Ibu Z. 

Sementara itu, ketika harganya naik menjadi Rp35.000 per buah, penawaran kolektif jilbab di pasar berubah, yaitu sebanyak 45 buah. 

Fungsi Penawaran

Fungsi penawaran (supply) adalah hubungan antara banyaknya barang atau jasa yang ditawarkan dan harganya (berbanding positif). Bentuk fungsi penawaran:

Qs = a + bP        atau Ps = a + bQ

Keterangan:
Q
s = jumlah barang yang ditawarkan

Ps = Harga barang yang ditawarkan
a = konstanta, wujudnya angka saja (bisa + atau -)
b = yang ada hurufnya (harus +)
 

Rumus Fungsi Penawaran



Keterangan:

P= Harga barang

P1= Harga mula-mula

P2= Perubahan harga

Q= Jumlah barang

Q1= jumlah barang mula-mula

Q2= Perubahan jumlah barang 

Contoh soal

Ketika harga suatu barang Rp 40 per unitnya, dan jumlah penawaranya sebanyak 10 unit. Pada saat harga Rp 60 per unit, jumlah penawaranya menjadi 20 unit. Hitunglah berapa jumlah fungsi penawaranya !

Diketahui:

P1 = 40               Q1 = 10

P2 = 60               Q2 = 20

Ditanya: Qs = ….. ?

Jawab:

Kurva Penawaran

Kurva penawaran adalah suatu kurva yang menunjukkan hubungan antara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut. Kurva penawaran mempunyai kemiringan (slope) positif, artinya garis kurva ini dimulai dari kiri bawah ke kanan atas.

Keterangan:

-       Garis horizontal adalah garis yang menunjukkan jumlah barang yang diminta atau Q (quantity       atau kuantitas)

-       Garis vertikal adalah garis yang menunjukkan harga barang atau P (price)

-       Garis penawaran ditarik dari bawah menuju ke atas. Karena semakin mahal harganya, semakin banyak penawarannya.





Pergeseran Kurva Penawaran

Pergeseran kurva penawaran bisa terjadi ke kiri maupun ke kanan. Tergesernya kurva penawaran disebabkan oleh jumlah produk yang ditawarkan produsen sebagai akibat dari berbagai faktor di luar faktor harga produk tersebut. Faktor-faktor itu bisa terdiri dari harga input, teknologi, ekspektasi, dan jumlah penjual.

Kurva penawaran yang bergerak sejajar ke kanan ataupun ke kiri akan tergantung pada faktor yang mempengaruhinya. Contohnya, jika ditemukan teknologi terbaru yang bisa meningkatkan efisiensi, maka bisa saja terjadi pergeseran ke arah kanan. Tapi, jika teknologinya menurun, maka kurva penawaran akan bergeser ke kiri.














LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK


A.   Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!

1.         Harga rambutan pada musim panen menjadi lebih murah karena ….

a.      Jumlah dan konsumen tetap

b.      Jumlah dan konsumen menurun

c.       Jumlah dan konsumen meningkat

d.      Jumlah meningkat dan konsumen tetap

e.      Jumlah tetap dan konsumen meningkat

2.         Ketika harga naik, produsen menawarkan barang dengan jumlah banyak. Kenaikan harga tersebut disebabkan oleh ….

a.      Turunnya pajak

b.      Meningkatnya daya beli

c.       Turunnya harga faktor produksi

d.      Naiknya harga barang substitusi

e.      Naiknya perkiraan harga masa depan

3.         Bu Mila membeli baju dengan harga penawaran yang bervariasi mulai dari Rp25.000 sampai Rp125.000. Bu Mila memilih baju dengan harga Rp75.000. Penawaran seperti pada pernyataan di atas termasuk jenis penawaran ….

a.      Individual

b.      Kolektif

c.       Efektif

d.      Absolut

e.      Potensial

4.         Perhatikan pernyataan mengenai penawaran berikut!

(1)   Harga di pasaran naik

(2)   Harga barang turun

(3)   Mode/tren berubah atau berganti

(4)   Teknologi semakin canggih

(5)   Produk pesaing bertambah

Penyebab berkurangnya penawaran adalah ….

a.      (1), (2), dan (3)

b.      (1), (2), dan (4)

c.       (2), (3), dan (4)

d.      (2), (3), dan (5)

e.      (3), (4), dan (5)

5.         Pak Bambang seorang pengusaha pakaian. Oleh karena harga kain naik, harga barang juga ikut naik sehingga semakin banyak barang yang ditawarkan oleh Pak Bambang. Faktor yang mempengaruhi penawaran adalah ….

a.      Harga barang lain

b.      Kemajuan teknologi

c.       Harga faktor produksi

d.      Perkiraan harga masa depan

e.      Jumlah barang yang ditawarkan

6.         Perhatikan pernyataan berikut!

(1)   Memiliki kemiringan positif

(2)   Perubahan berbanding lurus antara tingkat harga dengan jumlah barang

(3)   Garis penawaran dari kiri bawah ke kanan atas

(4)   Garis penawaran dari kiri atas ke kanan bawah

(5)   Memiliki slope negatif

Pernyataan yang benar mengenai kurva penawaran terdapat pada nomor ….

a.      (1), (2), dan (3)

b.      (1), (2), dan (4)

c.       (2), (3), dan (4)

d.      (2), (3), dan (5)

e.      (3), (4), dan (5)

7.         Perhatikan kurva penawaran berikut!



Pernyataan yang benar mengenai kurva penawaran di atas kecuali ….

a.      Kenaikan harga dari OP ke OP1

b.      Pertambahan jumlah barang dari OQ ke OQ1

c.       Kurva menggambarkan penurunan jumlah barang

d.      Kurva berbanding lurus antara tingkat harga dan jumlah barang

e.      Pergeseran titik A ke B karena perubahan harga dan jumlah barang



8.  Pada saat harga jual tinggi maka jumlah barang yang ditawarkan oleh para penjul (produsen) cenderung naik. Penjual menaikkan jumah penawaran karena ….

a.      Menekan kerugian

b.      Mudah laku di pasaran

c.       Menghabiskan stok barang

d.      Memperoleh laba yang besar

e.      Mendapat banyak konsumen

9.   Harga suatu barang Rp12.000. Diketahui fungsi penawaran ditunjukkan dengan persamaan Ps = 20Q – 1.000. Jika tingkat harga naik menjadi Rp15.000, kenaikan jumlah barang yang ditawarkan sebanyak ….

a.      1.000 unit

b.      800 unit

c.       600 unit

d.      250 unit

e.      150 unit

10.    Diketahui fungsi penawaran sebuah barang yaitu Qs = 5P + 1.500. Jika jumlah barang yang ditawarkan sebesar 2.500 unit, harga barang sebesar ….

a.      Rp2.500

b.      Rp1.500

c.       Rp1.000

d.      Rp500

e.      Rp200

B.   Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!

11.     Bagaimana perkiraan masa yang akan datang dapat menentukan jumlah penawaran?

12.     Mengapa kemajuan teknologi dapat mempengaruhi jumlah penewaran? Berikan contohnya!

13.     Pemerintah menaikkan tarif pajak untuk memicu kenaikan perekonomian. Bagaimana pengaruh kebijakan ini terhadap produsen?

14.     Kurva penawaran berbanding lurus antara tingkat harga dengan jumlah barang yang ditawarkan. Jelaskan maksud pernyataan tersebut!

15.    Vira sedang membuka usaha peralatan olahraga. Ketika pasar sedang ramai, ia menjual produk tas gunung seharga Rp140.000 untuk jumlah 20 unit. Jika, Vira menjual 30 unit dengan harga Rp160.000, tentukanlah fungsi penawarannya!

Tidak ada komentar